Sabtu, 02 Januari 2010

HUBUNGAN PERUSAHAAN DENGAN BANK


  • Sejarah Singkat Perbankan Indonesia
Industri perbankan Indonesia sampai dengan tahun 1951 relatif belum memasuki periode yang teratur sampai periode berikutnya.Barulah kemudian pada tahap berikutnya ketika dikeluarkan undang-undang pokok perbankan pada tahun 1967,industri perbankan mulai membenahi dirinya,yaitu menyesuaikan dirinya dengan periode sebelum tahun 1967.Tata perbankan di Indonesia,baik mengenai organisasinya maupun strukturnya dibentuk sedemikian rupa sehingga Bank Indonesia sebagai Bank Sentral bertindak sebagai pembimbing pelaksanaan kebijakan moneter.Secara umum dapat dikatakan bahwa tugas pokok perbankan di Indonesia adalah membantu Pemerintah dalam mengatur,menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah,mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja guna meningkatkan taraf hidup rakyat.
Sedangkan tuujuan perbankan di Indonesia adalah menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak.
  • Sistem Perbankan di Indonesia
Dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 1967 tentang pokok Perbankan ,disebutkkan yang dimaksud dengan :
  1. Bank :Lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.
  2. Lembaga Keuangan :Semua badan yang melalui kegiatan-kegiatanya dibidang keuangan menarik uang dari dan menyalurkannya ke dalam masyarakat.
Jenis Lembaga Perbankan menurut fungsinya dibedakan kedalam :
  1. Bank Sentral
  2. Bank Umum
  3. Bank Asing
  • Tugas dan Fungsi Bank
Pengaturan tata perbankan di Indonesia sesuai jiwa makna ketetapan MPRS Nomor MPRS/1966 pada dasarnya bertujuan untuk dapat memobilisasikan dan mengembangkan kekuatan ekonomi potensial guan dikerahkan bagi peningkatan kemakmuran rakyat.
  1. Tata perbankan harus merupakan suatu kesatuan sistem dan menjamin adanya kesatuan pimpinan di dalam mengatur seluruh perbankan di Indonesia serta mengawasi pelaksanaan kebijakan moneter Pemerintah di bidang perbankan.
  2. Memobilisasi dan mengembangkan seluruh potensi ekonomi nasional yang bergerak di bidang perbankan berdasarkan asas-asas demokrasi ekonomi.
  3. Membimbing dan memanfaatkan segala potensi tersebut bagi kepentingan perbaikan ekonomi rakyat.Hal tersebut dilaksanakan bank dengan mengingat bahwa perbankan di Indonesia dalam melakukan usahanya berasaskan demokrasi ekonomi dengan menggunakan prinsip kehati-hatian
  • Macam-macam Peranan Bank
  1. Peranan bank di dalam negri
  2. Peranan bank di luar negri
  3. Peranan bank dalam dunia usaha
  • Hubungan Bank Dengan Perusahaan Sebagai Nasabahnya
Perusahaan pada masa sekarang dapat dikatakan sangat memerlukan jasa-jasa dari bank,baik itu berupa pengambilan pinjaman(kredit) maupun melalui transaksi jasa pengiriman uang,penyimpanan uang dalam bentuk rekening koran giro,inkaso,kliring dan sebagainya.Di lain pihak,bank sebagai lembaga keuangan menjual kepercayaan (kredit)dan jasa-jasa tersebut.Untuk itu bank memperoleh bunga,komisi atau provisi dari penjualan kredit dan pemberian jasa itu.Dengan demikian bank berusaha sebanyak mungkin menarik nasabah degan cara memperbesar dana,memperluas pemberian kredit dan jasa-jasa bank,peningkatan kualitas pelayanan dengan sistem pemasaran yang terpadu.
  • Beberapa macam transaksi bank yang sering dilakukan perusahaan
1.penggunaan cek
  1. Cek atas unjuk
  2. Cek atas nama
  3. Cek silang
  4. Cek yang diberi tanggal kemudian
  5. Cek kosong
  6. Cek berpergian
  7. Cek yang difiat
2.rekening koran giro

Sumber(Sumarni Murti.Pengantar Bisnis.Edisi kelima )

Komentar :
Menurut saya dalam suatu perusahaan pasti banyak yang menggunakan jasa perbankan karena untuk menjalankan sebuah perusahaan maka diperlukan dana yang tidak sedikit oleh karena itu dalam hal ini bank sangat berperan penting dalam terlaksananya kegiatan perusahaan.Lagi pula antara perusahaan dan bank saling meraih keuntungan.Bank mendapat untung dari bunga sedangkan perusahaan mendapat keuntungan dari pinjaman bank yang membuat perusahaan itu dapat berjalan.

3 komentar:

  1. sangat bermanfaat buat saya. dlm menylesaikan tugas

    BalasHapus
  2. Trimakasih🙏 atas artikelnya sangat bermanfaat sekaliku dibagian paragraf ke 3 tentang hubungan bank dengan perusahan itu sangat bermanfaat bagiku buat tugas sekolah.🙏

    BalasHapus