Selasa, 29 Desember 2009

PERUSAHAAN DALAM SISTEM SOSIAL


PENGERTIAN PERUSAHAAN:
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa untuk memperoleh dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat.Dalam suatu bisnis terdapat faktor utama yang menjalankan bisnis(pelaku bisnis) tersebut,yaitu manusia sebagai pemilik,menejer,pekerja dan konsumen.Masyarakat memerlukan kahadiran bisnis disamping untuk menyediakan barang dan jasa,juga sebagai tempat untuk mencari pekerja. PERUSAHAAN SEBAGAI LEMBAGA SOSIAL
Perusahaan adalah suatu lembaga sosial.Dalam hal ini tentunya terdapat perbedaan antara perusahaan dengan lembaga sosial lainnya.Letak perbedaanya adalah pada seluruh kegiatannya yang diarahkan untuk memperoleh laba.
Terdapat tujuan lain seperti,memberi kesempatan kerja untuk mengurangi pengangguran,kemudian juga meningkatkan pendapatan pemerintah melalui pajak dan juga prestise.

PERUSAHAAN SEBAGAI SUATU SISTEM
Sistem adalah suatu kesatuan atau unit yang terdiri dari sub-sub sistem yang saling bekerjasama ataupun saling mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung untuk mencapai tujuan tertentu.
Perusahaan sebagai sistem berarti merupakan kombinasi dari berbagai sumber-sumber ekonomi yang langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi dan distribusi barang dan atau jasa untuk mencapai tujuan tertentu antara lain keuntungann dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.
Apabila ditinjau,maka pada dasarnya sistem perusahaan mempunyai beberapa sifat.Sifat-sifat tersebut ialah :
Sifat kompleks,sebagai suatu kesatuan,sifat berjenis-jenis,sifat saling bergantung,sifat dinamis.

LINGKUNGAN PERUSAHAAN
1.Lingkungan umum perusahaan,yaitu: politik,hukum,sosial,perekonomian,kebudayaan,pendidikan,teknologi,demografi.
2.Lingkungan khusus perusahaan,yaitu :
penyedia,pelanggan,pesaing,teknologi,sosial politik.
Baik lingkungan umum maupun lingkungan khusus setiap saat dapat berubah-ubah sejalan dengan perkembangan waktu,oleh sebab itu pengaruh faktor yang satu dengan yang lain terhadap perkembangan perusahaan juga berbeda-beda.

PERTANGGUNG JAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN
  1. Bertanggung jawab terhadap pelanggan/konsumen
  2. Bertanggung jawab terhadap tenaga kerja
  3. Bertanggung jawab terhadap lingkungan
  4. Bertanggung jawab terhadap investor
ETIKA BISNIS
Etika bisnis terkait dengan masalah penilaian terhadap kegiatan dan perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran berusaha(bisnis).
Terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap perilaku bisnis :
  • lingkungan bisnis
  • organisasi
  • individu
Kode etik diperlukan untuk hal seperti barikut :
  1. Untuk menjaga keselarasan dan konsistensi antara gaya manajemen strategis dan kebijakan dalam pengembangan usaha disatu pihak dengan pengembangan sosial ekonomi di lain pihak.
  2. Untuk menciptakan iklim usaha yang bergairah dan suasana persaingan yang sehat.
  3. Untuk mewujudkan integritas perusahaan terhadap lingkungan,masyarakat dan pemerintah

(dikutip dari :buku pengantar bisnis karangan murti sumarni,edisi ke lima)


kesimpulan :
setelah saya baca,menurut saya pembentukan perusahaan tidaklah sembarangan dan memang harus memikirkan secara matang apa yang dibutuhkan dalam bentukan perusahaan itu sendiri.Harus pula melihat faktor-faktor yang berpengaruh dalam bentukan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar