Kamis, 31 Desember 2009

SISTEM PEREKONOMIAN


Tiap-tiap negara menggunakan sistem perekonomian yang berbeda-beda dan adakalanya juga menggunakan sistem perekonomian campuran.Setiap perusahaan harus mengetahui dan mendalami sistem perekonomian mana yang dianut oleh negara dimana perusahaan berada agar dapat mempermudah memecahkan masalah operasional perusahaan sehari-hari.
Dalam hal ini ada beberapa bentuk perekonomian dunia sejak dahalu hingga saat ini.

A. Merkantilisme
Di Eropa ada tiga macam sistem perekonomian yang berlaku:

  • Perekonomian tersendiri
  • Kerajinan dan pertukangan
  • Kapitalisme
Berdasarkan faham Merkantilisme,negara berusaha mendapatkan emas sebanyak-banyaknya melalui Perdagangan Luar Negari.Anggapan faham ini bahwa perdagangan merupakan sumber kekayaan.Diusahakan nilai eksport supaya lebih tinggi daripada nilai importdan kelebihan nilai itu harus dibayar oleh luar negri dengan emas.Negara menekan import barang sebaliknya mendukung kegiatan eksport barang.

B. Fasisme
Disamping merupakan bentuk pemerintahan(diktator),fasisme juga merupakan bentuk perekonomian.Dalam fasisme yang seringkali disebut Negeri Usaha,pemerintah memmiliki semua industri.Disini orang bebas memilih tempat yang diinginkan atas persetujuan pemerintah.

C. Sosialisme
Di negara-negara yang menganut faham sosialisme,pemerintahnya bersifat demokrasi.
Pada sistem perekonomian sosialis ini,harta kekayaan tersebut,dimiliki dan diselenggarakan oleh koperasi-koperasi produksi atau konsumsi,serikat sekerja, badan hukum masyarakat dan organisasi lain atas dasar suka rela.

D. Demokrasi Ekonomi
Di Negara Indonesia sendiri demokrasi ekonomi mengandung ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar asas kekeluargaan.
  2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
  3. Bumi,air,dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
  4. Sumber-sumber kekayaan negara dipergunakan dengan permufakatan lembanga-lembaga perwakilan rakyat serta pengawasan terhadap kebijakan ada pada lembaga-lembaga perwakilan rakyat.

KESIMPULAN :
Setelah saya membaca ini kesimpulannya adalah Bentuk sistem perekonomian yang sesuai untuk suatu negara adalah tergantung beberapa faktor seperti budaya dan juga sumberdaya yang tersedia di negara tersebut.Seperti misalnya Kapitalisme,adalah hanya sesuai untuk negara yang ingin menggunakan sistem perekonomian dimana seseorang bebas untuk miliki dan mengatur bisnisnya masing-masing secara individual,ingin mengembangkan kreasi dan inisiatif dalam mengambil keputusan bisnisnya tanpa campur tangan pihak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar