Minggu, 02 Januari 2011

RANCANGAN GAJI,HARGA,DAN LABA PADA KOPERASI


Ini sangat penting, untuk selalu menjaga transparansi dan keadilan bagi tiap-tiap anggota. Gaji dan biaya dapat diubah jika diperlukan, tapi perubahan sebaiknya merupakan keputusan dari seluruh kelompok. Keputusan tentang distribusi keuntungan harus dibuat sebelum koperasi itu sendiri dimulai. Seperti semua aktivitas organisasi lainnya, keuntungan harus digunakan untuk mencapai tujuan organisasi, contohnya saling berbagi antara anggota, menambah modal dalam koperasi, aktivitas sosial atau pelayanan-pelayanan seperti perbaikan jalan, perbaikan sekolah dan lain sebagainya.
Sistem Pembukuan
Pembukuan merupakan bagian dari petugas akunting, yang juga mencakup distribusi dan penyimpanan uang. Ini bagian dari koperasi yang sangat vital dan harus dilakukan. Kegiatan pembukuan mencakup semua pengeluaran dan pendapatan yang terjadi, pencatatan semua gaji, serta laba-rugi. Biasanya kaum perempuan Lebih cocok pada bagian pembukuan dan mengurus
uang dibanding laki-laki. Tidak hanya di Indonesia tapi juga diseluruh dunia!
WASPADALAH!
Ini adalah bagian dari koperasi yang potensial menyebabkan banyak masalah!
Transparansi dan kemampuan mengatur keuangan adalah hal yang sangat penting disini. Orang yang bekerja dalam bagian ini sebaiknya digilir setiap tahun untuk membantu mencegah masalah-masalah.

sumber (http://www.idepfoundation.org/download_files/permakultur/MOD13-koopusaha.pdf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar